YusRan

Memories within…

Tidak,tidak,tidak,…,Ya!

03-13-07_rejection-754834Seorang tukang batu berhasil memecahkan sebuah batu pada pukulan martil ke-100.  Pada pukulan keberapa batu tersebut pecah?  Jika anda menjawab “pada pukulan ke-100”, maka anda salah!  Jawabannya adalah sejak pada pukulan pertama!  Kisah “tukang batu”  ini menumbuhkan semangat pantang menyerah dalam segala hal.  Jika gagasan anda ditolak seratus kali, jangan berhenti hingga disitu, sebab siapa tahu pada  kesempatan keseratus satu ide anda akan diterima.  Dalam dunia bisnis, hal ini dikenal dengan istilah Hukum Rata-Rata : Semakin sering kita mendengar kata “TIDAK” maka semakin dekat kita pada kata“YA”.Agar kita tidak terlalu sering mendengar “TIDAK” ada baiknya kita membuat perencanaan matang sebelum kita menjajakan gagasan kita kepada orang lain.

Pertama, orang biasanya tidak akan langsung mengiyakan apa yang kita tawarkan.  Mereka akan berulangkali mengkaji. Oleh karenanya, kita perlu memiliki strategi promosi yang tepat.  Lebih baik promosi kecil akan tetapi sering, daripada besar-besaran akan tetapi hanya sesaat.

Kedua, hasil studi menunjukkan bahwa kesempatan untuk memperoleh pelanggan setia adalah 90% jika kita melakukan tindak lanjut setelah transaksi.  Kesempatan ini menurun menjadi 50% dalam waktu dua hari, dan kurang dari 10% dalam waktu tiga hari!  Oleh karena itu, pastikan kita selalu menindaklanjuti setiap transaksi.  Dalam istilah lain adalah aftersales service.

Ketiga, Penolakan adalah adalah bagian dari bisnis, jadi terimalah! Penolakan merupakan sesuatu yang alami dalam bisnis dan bersifat universal.  Tetapkan target 20 kata “TIDAK” untuk setiap satu kata “YA”.  Terimalah setiap penolakan, lalu abaikan.  Fokuslah pada target kata “YA”.

Akhirnya, saya harus berterima kasih kepada Sang Tukang Batu yag telah memberikan pelajaran berharga: Pantang menyerah.

Iklan

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: