YusRan

Memories within…

Small Office Home Office

Rumah merangkap kantor

Rumah merangkap kantor

Ada beberapa alasan mengapa orang memilih rumah sebagai homebase bisnisnya, semisal faktor ekonomis tanpa perlu menyewa kantor, kedekatan dengan keluarga, lebih friendly serta lebih mudah diawasi.  Pada prakteknya, bisnis berbasis SOHO (Small Office Home Office) ini sering campur aduk. Akibatnya, baik kegiatan usaha maupun kehidupan pribadi keluarga, keduanya tidak berjalan mulus.

Berikut ini ada lima tips bagi pelaku ekonomi tunggal yang berniat menjalankan bisnisnya dari rumah:

Pertama, usahakan belajar memisahkan antara bisnis dengan kesenangan.  Meskipun berbisnis di rumah menyenangkan, anda perlu memisahkan, secara mental, antara bisnis dengan kehidupan pribadi.  Jika tidak, keduanya akan berbaur.  Jangan terlampau banyak menempatkan barang-barang pribadi di area usaha, atau sebaliknya.

Kedua, pisahkan “rumah” dengan “kantor”, kendati secara fisik keduanya menyatu.  Berbagi ruangan merupakan tindakan yang tidak bijaksana.  Anda harus menentukan bagian mana dari rumah anda yang berfungsi sebagai homebase bisnis anda.

Ketiga, adalah lebih baik jika anda membuat akses kekantor tersendiri.  Hal ini dimaksudkan agar kehidupan privasi anda tidak terganggu oleh tamu-tamu bisnis anda.

Keempat, buat jaringan kerja nirkabel.  Kabel yang berseliweran membuat kumuh kantor anda, dan kebanyakan akan menimbulkan kesulitan dikemudian hari. Bila anda memiliki lebih dari satu komputer, sebaiknya anda membangun jaringan nirkabel dirumah anda.

Kelima, perlengkapi “kantor” anda dengan piranti teknologi yang akan membuat bisnis anda berjalan lebih efisien dan ekonomis. Jangan mencampur adukan perangkat kantor dengan keperluan pribadi, seperti penggunaan komputer dan sarana telekomunikasi secara bersama-sama.

Kelima tips tersebut mudah diwujudkan.  Soal biaya, anda cukup mengalihkan pos biaya sewa kantor. Selamat mencoba!

Iklan

No comments yet»

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: